Penggunaan Barang Bekas Sebagai Media Pembelajaran Jaring-Jaring Kubus dan Balok
Matematika merupakan ilmu dasar selain Sains dan Bahasa.Perhatian terhadap pembelajaran matematika tidak hanya sekedar telah menjadi rahasia umum, bahwa tidak jarang siswa drop out hanya karena takut dengan mata pelajaran matematika.Matematika merupakan ilmu dasar selain Sains dan Bahasa.Perhatian terhadap pembelajaran matematika tidak hanya sekedar telah menjadi rahasia umum, bahwa tidak jarang siswa drop out hanya karena takut dengan mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan matematika memiliki obyek abstrak dan dibangun melalui proses penalaran deduktif, yaitu kebenaran suatu konsep diterima sebagai akibat logis dari kebenaran sebelumnya sudah diterima, sehingga keterkaitan antara konsep dalam matematika bersifat sangat kuat dan jelas.
Berdasarkan pengamatan minat belajar siswa masih rendah dalam pembelajaran matematika,hal tersebut mengakibatkan hasil belajar siswa menjadi kurang tuntas. Disamping itu minimnya minat siswa tersebut juga dikarenakan kurangnya media pembelajaran.
Berangkat dari keadaan seperti di atas saya mencoba menawarkan media pembelajaran menggunakan barang bekas dalam meningkatkan kemampuan siswa untuk menentukan jaring-jaring balok dan kubus. Beberapa langkah kegiatan yang dilakukan adalah sebagai berikut:
(1) Pemaparan barang bekas sebagai media pembelajaran sebagai proses kegiatan, dan hasil suatu kegiatan. Kegiatan ini berupa penentuan tujuan seluruh proses kegiatan dan standardisasi penentuan hasil penilaian.
Pemaparan penggunaan media pembelajaran Barang bekas
(3) Pengamatan kerja kelompok dengan penilaian proses pada pembelajaran jaring-jaring kubus dan balok
(4) Penarikan simpulan tindakan kelas dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada pembelajaran topik bangun ruang sederhana
Dengan penggunaan barang bekas sebagai media pembelajaran ternyata dapat lebih membuat pembelajaran matematika lebih menyenangkan karena siswa akan merasa bahwa matematika juga ada dalam kehidupan sehari-harinya. Dengan penggunaan media ini, terbukti nilai prestasi belajar siswa sangat bagus karena siswa melihat obyek matematika yang lebih konkret dalam kehidupan sehari-hari.Penggunaan media ini akan terus dipakai oleh guru kelas dalam pelajaran matematika sehingga prestasi belajar siswa dapat terus dipertahankan.
terima kasih kampung info
BalasHapusartikel nya jadi inspirasi buat media pembelajaran saya yang notabene guru junior.
saya tunggu info menarik selanjutnya...!!!